Koperasi Binaan PGN Jalin Kerjasama Dengan Produsen Demi Tingkatkan Kesejahteraan Petani Karet Koperasi Binaan PGN Jalin Kerjasama Dengan Produsen Demi Tingkatkan Kesejahteraan Petani Karet
Jakarta, Situsenergy.com Koperasi Binaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Koperasi Padetra Arto Mulyo, kerjasama dengan PT Kirana Megatara Tbk untuk menyerap hasil perkebunan... Koperasi Binaan PGN Jalin Kerjasama Dengan Produsen Demi Tingkatkan Kesejahteraan Petani Karet

Jakarta, Situsenergy.com

Koperasi Binaan PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), Koperasi Padetra Arto Mulyo, kerjasama dengan PT Kirana Megatara Tbk untuk menyerap hasil perkebunan karet di Desa Pagardewa, Sumatera Selatan. Program ini merupakan kerja sama pertama kali di Indonesia antara koperasi hasil binaan CSR perusahaan dengan produsen secara langsung.

Division Head CSR PGN, Anak Agung Raka Haryana, koperasi karet diharapkan dapat membantu para petani sekitar Pagardewa untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Koperasi karet tersebut juga memungkinkan para petani mendapatkan harga jual karet sesuai dengan harga pasar. Ditargetkan kerjasama ini dapat memfasilitasi penjualan langsung hasil perkebunan karet dengan target 1 ton per bulan.

“Sebagai subholding gas bumi di Indonesia, PGN terus berkomitmen untuk memberikan energi baik dalam meningkatkan kualitas hidup untuk masyarakat di Indonesia. Contoh kerja sama koperasi binaan PGN dengan Kirana Megatara adalah CSR yang inklusif, yakni menciptakan lapangan kerja serta peluang hidup yang lebih baik sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat di sekitarnya,” kata Agung di Jakarta, Rabu (16/10).

Agung juga menjelaskan, kerja sama dengan Kirana dilakukan karena perusahaan ini merupakan produsen karet remah (crumb rubber) terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 18 persen secara nasional. Produk yang dihasilkan berupa karet dengan spesifikasi teknis (technical specified rubber) yang dikenal dengan istilah Standard Indonesian Rubber (SIR) dan diekspor ke berbagai negara sebagai bahan baku utama ban yang diproduksi oleh pabrik-pabrik ban terkemuka dunia.
Untuk menghasilkan produk berkualitas sesuai dengan standar internasional, Kirana selalu berusaha menggunakan bahan baku yang bersih dan menjalankan proses produksi secara terintegrasi dengan pengawasan kualitas yang handal.

“Kemitraan jangka panjang dengan petani karet dan pedagang bahan olah karet (BOKAR) menjadi pilihan dalam menjaga kualitas dan kontinuitas bahan baku,” kata dia. (DIN/rif)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *