Pemerintah Harus Bayar Utang Kompensasi BBM ke Pertamina Pemerintah Harus Bayar Utang Kompensasi BBM ke Pertamina
Jakarta, situsenergy.com PT Pertamina (Persero) berharap agar Pemerintah segera melunasi utang kompensasi penyaluran BBM bersubsidi tahun buku 2017 hingga 2019 yang saat ini totalnya... Pemerintah Harus Bayar Utang Kompensasi BBM ke Pertamina

Jakarta, situsenergy.com

PT Pertamina (Persero) berharap agar Pemerintah segera melunasi utang kompensasi penyaluran BBM bersubsidi tahun buku 2017 hingga 2019 yang saat ini totalnya mencapai Rp 96,5 triliun.

Menurut Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, jumlah Rp 96,5 triliun tersebut terdiri dari utang kompensasi 2017 sebesar Rp 20,7 triliun, 2018 sebesar Rp 44,8 triliun dan 2019 sebesar Rp 30,8 triliun. Rencananya pada tahun ini pemerintah akan membayar setengahnya yaitu sebesar Rp 45 triliun.

“Kami berharap agar pemerintah bisa segera membayar. Saya sih berharapnya bisa utuh bayarnya. Insyaallah semester ini,” ujar Nicke usai rapat bersama Komisi VI DPR RI, Senin (29/6).

Ia berharap sisanya sebesar Rp 51,5 triliun dibayarkan oleh pemerintah dengan cara dicicil pada tahun 2021 dan 2022 mendatang. Nikce berharap pemerintah bisa segera melunasi utang kompensasi ini agar bisa menstabilkan kondisi keuangan perusahaan.

Masih menurut Nicke, saat ini kondisi keuangan Pertamina memang terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 yang menggerus penjualan perusahaan. Di sisi hilir terjadi penurunan demand hingga 25 persen, sehingga pembayaran utang bisa menolong keuangan Pertamina. “Kami sangat terbantu dengan pencairan dana dari Pemerintah,” tutup Nicke.(Adi)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *