Presiden FSPPB Ajak Mahasiswa Jadi Duta Energi Baru Terbarukan Presiden FSPPB Ajak Mahasiswa Jadi Duta Energi Baru Terbarukan
Jakarta, SitusEnergy.com Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Arie Gumilar mengajak kalangan mahasiswa untuk memahami tentang peranan sektor energi didalam kehidupan berbangsa dan... Presiden FSPPB Ajak Mahasiswa Jadi Duta Energi Baru Terbarukan

Jakarta, SitusEnergy.com

Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) Arie Gumilar mengajak kalangan mahasiswa untuk memahami tentang peranan sektor energi didalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Arie menekankan, sebuah bangsa yang kuat dan mandiri, harus memiliki ketahanan dari sisi energi, serta bisa memanfaatkan kekuatan energi tersebut untuk kemakmuran negara.

“Untuk menjadi bangsa yang kuat perlu diperhatikan 3F (Fuel, Finance, Food).” ujar Arie dalam acara seminar nasional tentang energi terbarukan dan deklarasi Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Tangerang, seperti dikutip pada keterangan tertulis, Kamis (3/10).

Arie berharap, dengan berlangsungnya acara ini diharapkan dapat menyadarkan para mahasiswa akan pentingnya energi bagi kehidupan bangsa Indonesia, dan menyadarkan akan pentingnya peran mahasiswa dalam mewujudkan Kedaulatan energi.

Sementara itu, ujar Syarief Hidayatullah selaku Ketua Umum DEM Tangerang yang baru dikukuhkan, peran mahasiswa untuk memberikan edukasi ke masyarakat tentang pentingnya energi didalam suatu tatanan negara menjadi tujuan dari dibentuknya Dewan Energi Mahasiswa tersebut.

Disadari pula olehnya bahwa tantangan sektor energi kedepan yaitu pemanfaatan energi baru terbarukan, dimana pengetahuan soal energi bersih itu belum banyak dipahami oleh masyarakat dan menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan energi tersebut.

“Peran dari DEM Tangerang yaitu untuk mendekatkan masyarakat terhadap Sumber Daya Alam nya agar dapat dikembangkan potensi yang ada di daerahnya terkait energi sehingga masyarakat bisa berdikari” ujar Syarief Hidayatullah.

Syarief menyadari, DEM Tangerang disini juga berperan untuk menyebarluaskan informasi terkait energi ke masyarakat luas agar masyarakat bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

Sejatinya energi Fossil butuh waktu yang sangat lama untuk dapat diperbaharui, bahkan bisa sampai berjuta-juta tahun, oleh karena itu sudah saatnya kita beralih dari energi konvensional ke energi baru terbarukan (EBT).

“Indonesia sangat kaya akan potensi EBT-nya, sebagai contoh matahari karena kita berada di garis khatulistiwa, lalu ada angin kita memiliki Monson barat dan timur, gelombang air dilaut dan arus air di sungai karena 2/3 wilayah Indonesia adalah lautan, bio energi karena segala macam tumbuhan bisa tumbuh di Indonesia, panas bumi karena di Indonesia dilewati oleh Ring of Fire.” ucap Maulana Wega selaku Ketua Umum DEM UPN pada kesempatan yang sama. (SNU)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *