Prototipe PLTN Skala Komersial Masuk Dalam PRN Prototipe PLTN Skala Komersial Masuk Dalam PRN
Tangerang, Situsenergy.com Pembangunan Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) skala komersial ditetapkan menjadi program Prioritas Riset Nasional (PRN). Proyek ini menjadi salah satu bagian... Prototipe PLTN Skala Komersial Masuk Dalam PRN

Tangerang, Situsenergy.com

Pembangunan Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) skala komersial ditetapkan menjadi program Prioritas Riset Nasional (PRN). Proyek ini menjadi salah satu bagian kegiatan penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) yang akan dilakukan dengan maksimal.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Perencanaan BATAN, Ferly Hermana, di Tangerang. Ferly Hermana menjelaskan, saat ini lembaga penelitian dalam melakukan kegiatan penelitian harus didasarkan pada penugasan yang berikan oleh pemerintah.

“Riset kedepan harus berdasarkan penugasan dari pemerintah yang dituangkan dalam PRN,” ujar Ferly, Rabu (11/9).

Sementara itu Deputi Pendayagunaan Teknologi Energi Nuklir, Suryantoro mengatakan, PRN yang dicanangkan pemerintah sebagai upaya menjadikan penelitian di Indonesia agar mempunyai dampak terhadap masyarakat. “Salah satu kegiatan BATAN yang masuk dalam PRN adalah prototipe PLTN skala komersial dengan daya 100MW,” ujar Suryantoto.

Selain prototipe PLTN skala komersial, Suryantoro menambahkan, kegiatan sistem pemantau radiasi lingkungan juga menjadi prioritas riset nasional. Kedua kegiatan tersebut diharapkan masuk menjadi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Terkait dengan menguatnya desakan terhadap pembangun PLTN di pulau Kalimantan, ia menegaskan, BATAN mempunyai peran sebagai technical support organization (TSO). “Dalam hal ini BATAN sebagai TSO yang melakukan berbagai kajian dalam penyiapan tapak PLTN,” imbuhnya.

Dalam penyiapan pembangunan PLTN, menurut Suryantoro, BATAN juga melakukan penyiapan sumber daya manusia. Melalui Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) dan Pusdiklat, BATAN memberikan pelatihan kepada SDM nuklir yang nantinya mendukung dalam pemanfaatan teknologi nuklir untuk energi. (DIN)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *