Sah, Inalum Akuisisi 20 Persen Saham Vale Sah, Inalum Akuisisi 20 Persen Saham Vale
Jakarta, SitusEnergy.com Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa pemerintah secara resmi telah menunjuk induk BUMN pertambangan (Inalum / MIND ID) untuk... Sah, Inalum Akuisisi 20 Persen Saham Vale

Jakarta, SitusEnergy.com

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan bahwa pemerintah secara resmi telah menunjuk induk BUMN pertambangan (Inalum / MIND ID) untuk mengakuisisi 20 persen saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono dalam keterangannya mengatakan, divestasi sebesar 20 persen itu merupakan salah satu kewajiban yang tertuang dalam Kontrak Karya (KK). Untuk saat ini nilai kapitalisasi pasar PT Vale Indonesia Tbk kurang lebih di kisaran USD 2 miliar dolar.

“Untuk berapa harga yang harus dibayarkan masih dikaji oleh pihak tim tiga kementerian. Vale (divestasi) dan Inalum yang ditunjuk, udah selesai,” ujar Bambang, Senin (7/10).

Sebagai informasi, sesuai dengan amandemen Kontrak Karya (KK) pada 2014, Vale wajib mendivestasikan 40 persen saham ke pihak Indonesia dengan dasar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 77 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara. Adapun Vale telah melepas 20 persen sahamnya melalui Bursa Efek Indonesia (BEI).

Perusahaan ini akan kembali melepas saham sebesar 20 persen dengan mulai menawarkan sahamnya kepada pemerintah paling lambat mulai 14 Oktober 2019. (SNU)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *